Cara Menetapkan Alamat IP statis pada Windows

Secara default, kebanyakan komputer dan perangkat pada jaringan mendapatkan alamat IP mereka melalui DHCP. DHCP pada dasarnya adalah sebuah sistem dimana tuan rumah, seperti router atau server, memberikan alamat IP ke perangkat sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan host dan satu sama lain melalui jaringan.
Setiap perangkat pada jaringan harus memiliki alamat IP yang unik. Alamat IP untuk perangkat dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung pada beberapa faktor. Hal ini biasanya tidak menyebabkan masalah, tetapi ada situasi di mana alamat IP statis diperlukan.
Sebagai contoh, jika komputer Anda sedang digunakan sebagai server media di rumah Anda, Anda mungkin ingin alamat IP tetap sama jika Anda harus terhubung ke komputer melalui alamat IP-nya. Dalam kasus lain, Anda perlu mengubah alamat IP untuk mencocokkan subnet dari perangkat lain sehingga Anda dapat menghubungkan dan mengkonfigurasinya. Ada dua cara untuk menetapkan alamat IP statis pada perangkat.

Prosedur berikut akan bekerja untuk Windows 7, Windows 8 atau Windows 10. Hal pertama yang ingin kita lakukan adalah membuka Network and Sharing Center . Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol Start dan mengetik dalam jaringan dan berbagi.
Caranya klik di control panel dan klik network and sharing center :

lalu pilih di jaringan mana yang akan kita beri IP Address contoh saya beri ip di jaringan LANnya klik kanan lalu pilih properties :
sehingga akan muncul tampilan seperti ini klik pada internet protocol version 4 lalu klik pada properties :
lalu tinggal kita isikan IP Address yang diinginkan :
Silahkan dicoba buat yang baru belajar juga bisa disini....
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment