:: COBAAN ITU ADA KESUDAHANNYA ::

Bala cobaan ada masa kesudahannya yang waktu rentangnya diketahui oleh Allah Ta’ala. Maka orang yang mendapat ujian ini harus bersabar hingga masa bala ujian ini berakhir.
Kalau dia kalut (tidak bersabar) sebelum waktunya (berlalu), maka kekalutannya ini tidak akan bermanfaat, karena meminta agar musibah segera berakhir sementara ketentuan rentang waktunya masih berlaku, tidak akan membawa manfaat.
Maka yang wajib adalah bersabar. Meskipun doa itu disyariatkan, namun doa juga tak akan berguna tanpa adanya kesabaran ini.
Hanya saja orang yang berdoa tidak semestinya tergesa-gesa, tapi hendaknya dia meniti ibadah dengan kesabaran, doa, pasrah kepada-Nya yang Maha Bijak, dan menebas segala materi yang menjadi penyebab bala musibah; karena kebanyakan musibah itu merupakan hukuman.
Sabar itulah yang harus dilakukan. Dan mengupayakan perbaikan atas (kesalahan) yang lalu dengan banyak berdoa adalah sandaran yang paling baik. Sedangkan sikap menentang adalah haram, dan sikap tergesa-gesa (dalam mengharap jawaban doa) merupakan campur tangan terhadap pengaturan Allah.
Maka pahamilah semua ini, karena semua ini bisa meringankan musibah.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment