Kurangi Tertawa dan Perbanyaklah Menangis


Saat ini kita disuguhi dengan berbagai macam acara hiburan. Salah satunya adalah jenis hiburan berupa komedi dan stand up comedy.
Maka bagi yang menyukai hiburan seperti itu, perhatikanlah nasehat-nasehat ini.
“dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis, (Q.S. An-Najm : 43)
“Maka hendaklah mereka sedikit tertawa dan banyak menangis sebagai pembalasan dari apa yang selalu mereka kerjakan.” (Q.S. At-Taubah : 82)
"Seandainya kalian mengetahui apa yang aku ketahui,niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis." (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim)
"Aneh sekali orang yang banyak tertawa, padahal di belakangnya ada kematian" (Hasan radhiyallahu ‘anhu)
“Saya tidak pernah melihat Rasulullah terbahak-bahak hingga kelihatan tenggorokan beliau. Beliau biasanya hanya tersenyum.” (H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim)
Mu’adz radhiallahu’anhu pun suatu ketika pernah menangis tersedu-sedu. Kemudian ditanyakan kepadanya, “Apa yang membuatmu menangis?” Maka beliau menjawab, “Karena Allah ‘azza wa jalla hanya mencabut dua jenis nyawa. Yang satu akan masuk surga dan satunya akan masuk ke dalam neraka. Sedangkan aku tidak tahu akan termasuk golongan manakah aku di antara kedua golongan itu?”
“Tidak ada sesuatu yang yang lebih dicintai oleh Allah daripada dua tetesan dan dua bekas. Tetesan yang berupa air mata karena takut kepada Allah dan tetesan darah yang ditumpahkan di jalan Allah. Adapun dua bekas, yaitu bekas di jalan Allah dan bekas di dalam (melaksanakan) suatu kewajiban dari kewajiban-kewajibanNya” (H.R. Tirmidzi)
Renungan bersama. Insyaa Allah Penuh Berkah.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment